Translate

Bantu Ketik Blog ini

Sejak 10.10.10

RangBul@n

Semua catatan di situs ini dikutip dari pelbagai blog di dunia maya; tiada kena mengena dengan pemilik blog. Sebarang komen peribadi sila e-mel rangbulan@gmail.com

13.4.13

Bangkitnya Islam di Rusia

 

Pengantar

Dalam persepsi banyak orang, Rusia adalah negara anti Tuhan. Tak salah memang. Sebab, negara yang dulu bernama Uni Soviet ini pernah bersikap anti agama. Kehidupan agama di sana dimatikan, selama hampir satu generasi.
Umat Islam Soviet benar-benar menghadapi ujian maha berat. Betapa tidak. Masjid-masjid ditutup, para ustadz dicurigai dan ditangkapi, buku-buku berbahasa Arab dimusnahkan dan bahkan pergi haji pun dilarang. Sungguh keterlaluan!
Tapi itu dulu. Sejak Uni Soviet ambruk pada 1991, kehidupan agama di negara yang pernah menjadi nenek moyangnya komunis itu berdenyut kembali. Termasuk di dalamnya agama Islam.
Bahkan, Islam yang masuk Soviet sejak abad 7, kini menjadi agama yang paling pesat perkembangannya. Sebagian pengamat meramalkan,  tahun 2050 Islam bakal menjadi agama mayoritas di Rusia.
Rubrik Ihwal kali ini mencoba mengintip perkembangan Islam di Rusia dari berbagai sumber di antaranya buku Geliat Islam di Rusia.* Bambang S/Suara Hidayatullah

Tulisan 1
Islam Mayoritas di Rusia
Dulu diberangus, kini pertumbuhan umat Islam melesat melebihi umat Kristen. Iklim politik juga makin kondusif.
-------baca selengkapnya di edisi Maret 2013-----------

Tulisan 2
Masa Kelam Islam di Bawah Rezim Soviet
24 Oktober 1917. Komisariat Rakyat Soviet Rusia menyebarkan propaganda kepada Muslim Rusia dan Timur. Dengan janji-janji manis, mereka mengajak orang-orang Islam bergabung dengan gerakan Bolshevik. “…dengan berkuasanya Soviet, Anda bebas menjalankan kepercayaan agama…” begitu salah satu janji manis itu.

-------baca selengkapnya di edisi Maret 2013-----------

Ihwal 3
Mahasiswa Rusia Studi Islam di Indonesia
Indonesia menjadi salah satu tujuan mahasiswa Muslim Rusia untuk memperdalam ilmu-ilmu keislaman. Itu mulai terjadi pertengahan tahun lalu, 27 mahasiswa dari Rusia terbang ke Indonesia. Mereka akan mengambil studi di berbagai perguruan tinggi Islam di Tanah Air. Antara lain, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta,  UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,  UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ) Jakarta.

Tiada ulasan: